Jumat, 03 September 2010

DI KUTIP DARI BLOG PUNYA TEMAN SAYA

Cara mengahafal dalam beberapa detik dengan LONG TERM MEMORY
Otak manusia terdiri dari 1 triliun sel otak dengan kapasitas yang luar biasa.
Seringkali ketika kita menghafal, kita sering mengeluh kita tidak sanggup dengan alasan otak kita sudah penuh. Padahal itu semua SALAH.
Saya akan memberikan sebuah tes..
Coba agan afalkan kata2 dibawah ini dalam waktu 20 detik..
Spoiler for hafalkan dalam 20 detik:
Kucing
Sepeda
Buaya
Anjing
Bioskop
Televisi
Kasur
AC
Mobil
Api
Ayam
Sendok
Kaskus
Apa agan bisa?
Sepintas sepertinya sangat sulit. Seandainya kita bisa, kemampuan mengingatnya sangat terbatas. Kita tidak mampu mengingatnya dalam jangka waktu yang panjang. Karena kita hanya menggunakan SHORT TERM MEMORY
Disini saya akan men share pada agan bagaimana cara menghafalkan kata2 tersebut dalam waktu singkat, dan akan terus bertahan (menggunakan LONG TERM MEMORY)
Kemampuan otak kiri adalah berpikir secara analitik, logis, tepat, repetitif, terkumpul, mendetail, ilmiah, terikat, literal, berurutan. Sementara otak kanan berpikir secara kreatif, imajinatif, umum, intuitif, konseptual, gambaran besar, heuristik, empatetik, figuratif, tidak menentu.
Intinya otak kanan menekankan tentang kreatifitas, imajinasi, dsb. Berbeda dengan otak kiri yang menekankan pada analisa, berfikir, matematika dsb.
Dalam belajar sering kali kita terlalu menggunakan otak kiri, padahal yang diperlukan adalah keseimbangan antara keduanya. Untuk itu daya imajinasi, kreatifitas yang ada pada otak kanan harus juga dimanfaatkan..
Baik ini adalah tips untuk menghafalkan deretan kata2 tersebut dalam waktu singkat dan dengan daya ingat dalam jangka waktu yang lama.. silahkan buka
Spoiler for tips:
Sekarang coba agan imajinasikan dan benar2 dibayangkan :
Kucing naik
Sepeda, ketemu
Buaya, buaya jatuh cinta sama
Anjing, mereka ke
Bioskop, di bioskop nonton
Televisi, di TV ada iklan
Kasur, kasur letaknya dibawah
AC, ACnya di dalam
Mobil, mobilnya tahan
Api, apinya buat bakar
Ayam, ayam makannya pake
Sendok, sambil buka
Kaskus
Sekarang coba agan ulangi lagi. Kemampuan mengingat kata2 tersebut akan lebih cepat dalam tersimpan dalam LONG TERM MEMORY.
*UPDATE TAMBAHAN*
Spoiler for tes otak kiri kanan:
*updated
Sekadar tambahan Otak agan lebih dominan mana
Untuk melihat agan lebih dominan otak kiri atau kanan, ada sebuah tes sederhana yang populer gan
Menurut agan.. cewek ini berpikir searah atau berlawanan jarum jam atau pindah pindah?
Jika anda melihat bahwa si mbak ini berpitar SEARAH jarum jam, berarti anda telah berpikir dengan OTAK KANAN. Sebaliknya jika anda melihat bahwa cewek ini berputar BERLAWANAN ARAH jarum jam, berarti anda telah berpikir dengan OTAK KIRI.
Jika berpindah2, anda memiliki 2 faktor yaitu berpikir dengan otak kiri dan kanan bergantian.
kemudian:

Coba anda perhatikan tulisan-tulisan di gambar yang menyatakan warna : Yellow, Orange, Blue, Black, Green, Red, dan seterusnya,
kemudian sebutkanlah warnanya bukan menyebutkan tulisannya.
Otak kanan anda berusaha menyebutkan warnanya,
tetapi otak kiri anda tetap membaca tulisannya!
Coba anda praktekkan, pasti anda akan terganggu oleh konflik otak kiri dan otak kanan Anda
Yg ini ane jamin  (ini cuma tambahan)
Spoiler for meningkatkan kerja otak:
*updated
Ada pepatah orang inggris yang mengatakan “Used it or you will lose it”, maksudnya kalau tidak sering digunakan, dilatih, apalagi tak dipakai sama sekali maka kemampuan otak akan terus melemah, bahkan bisa saja hilang. Berikut ini beberapa kiat untuk menjaga agar otak tetap bekerja dengan baik.
Biasanya ditandai dengan Sering lupa, susah konsentrasi, cepat lelah emosi gak stabil dan sering bengong.
1. Rajinlah membaca. Sempatkanlah membaca surat kabar, majalah atau buku setiap hari.
2. Pelajari hal-hal baru. Misalnya belajar komputer, bermain alat musik tertentu, atau mempelajari bahasa asing tertentu, atau lakukan sesuatu yang sesuai dengan bakat anda.
3. Kunjungilah tempat atau daerah yang tidak pernah dikunjungi sebelumnya.
Jangan segan-segan mengisi teka-teki silang, atau menjawab pertanyaan dari berbagai kuis yang anda temui baik yang ada di televisi, majalah atau surat kabar.
4. Usakan memberi tanda pada kalender, terutama untuk tanggal–tanggal yang anda anggap penting.
5. Buatlah catatan pengingat, apapun yang hendak anda ingatkan pada diri anda.
6. Membuat daftar (harian, bulanan) yang harus anda kerjakan.
7. Untuk mengingat nama orang, perhatikan ciri khas orang tersebut, agar informasi yang tersimpan dalam memori tidak terlalu banyak, sehingga gampang muncul kembali saat anda dibutuhkan.
8. Untuk mengingat nomer telepon dan nomor mobil, buatlah lagu sederhana dari nomer-nomer tersebut.
9. Simpan selalu barang-barang anda ada tempat yang sudah ditentukan
10. Konsumsilah makanan bergisi dan vitamin, terutama vitamin B12
11. Cobalah berkonsentrasi pada apa yang baru anda baca, dengar, rasakan atau yang anda lihat.
Spoiler for tips makanan untuk otak:
*updated
Tujuh Cara Meningkatkan Kinerja Otak Melalui Asupan Gizi
Untuk meningkatkan kinerja otak, dr. Daniel G. Amen, menulis buku Making a Good Brain Great Here, memberikan tujuh tips berikut:
1. Tingkatkan asupan air
Ingat, otak kita tersusun atas 80% air. Dehidrasi ringan saja dapat meningkatkan produksi hormon stres yang dapat merusak otak kita.
2. Batasi asupan kalori
Penelitian pada hewan dan manusia mengindikasikan bahwa diet dengan kalori terbatas baik bagi otak dan memperpanjang usia.
3. Konsumsilah asam lemak omega-3
Ikan, minyak ikan, dan DHA, merupakan salah satu bentuk asam lemak omega3.
4. Konsumsilah sumber antioksidan
Vitamin E dan C merupakan sumber antioksidan.
5. Konsumsi protein, lemak baik, dan karbohidrat dalam porsi seimbang
6. Masukkan 24 bahan pangan sehat dalam diet harian Anda
Bahan-bahan pangan tersebut meliputi: sumber protein (ikan: salmon, tuna, makerel, hering; unggas: kalkun tanpa kulit; daging merah: sapi dan babi(yg boleh makan ajah); telur; tahu dan produk olahan kedelai; susu dan produksi olahannya; bebijian; garbanzo beans dan lentil; kekacangan), karbohidrat kompleks (bery-beryan; blueberry; raspberry; stroberi; blackberry; jeruk; cherry; buah persik; brokoli; gandum; lada merah dan kuning; labu; bayam; tomat; ubi jalar), lemak (alpukat; minyak zaitun; buah zaitun), serta cairan (air, teh hijau atau hitam).
7 . Konsumsi camilan rendah kalori
Gan di sekolah ane ada seminar gitu gan tentang kemampuan otak manusia


Apa itu SEGITIGA BERMUDA?
Istilah Bermuda,asal mulanya dimaksudkan sebagai nama untuk bulan ke7 penanggalan Mesir, yakni Nisan,istilah ini kemudian dipergunakan untuk menunjuk suatu segitiga imajinatif yg terletak di samudra atlantik. puncak segitiga bermuda,di bagian utara,terletak di kepulauan bermuda yg dgn sluruh segitiga ini disebut.sudut tenggaranya terletak di Puortorico,yg merupakn markas militer AS.sudut baratnya terletak di Miami,florida.
Di wilayah yg disebut segitiga bermuda ini,yg untuk masa2 kemudian dikenal dengan julukan “kuburan atlantik”,terdapat berbagai kisah ganjil yg mengerikan,antara lain kisah yg menimpa ekspedisi skuadron 19 Amerika,yg apabila bukan karna peristiwa tersebut,segitiga ini tidak akan terkenal diseluruh dunia
Dari fenomena2 misterius yg muncul di segitiga bermuda,muncul berbagai cerita khayal.sebagaimana halnya dengan peristiwa2 yg dialami oleh kapal2,dan pesawat2 yg telah hilang di segitiga ini.selain peristiwa skuadron 19 AU AS.
Pada tanggal 27 februari 1935,ketika penghuni Hotel di pantai daytona,dan orang2 yg sedang berjemur dipantai itu dikejukan oleh sebuah pesawat yg tebang rendah diatas mereka,dan tiba2 jatuh menukik kelaut.
Para penyelam dari tim SAR pun segera dikerahkan,tetapi mereka tidak mnemukan apapun.akan tetapi orang2 yg berada disitu menegaskan bahwa mereka betul2 menyaksikan pesawat yg jatuh kelaut tersebut.akan tetapi pelacakan tetap tidak menunjukkan hasil dan tanda2 adanya pesawat yg jatuh.
Pada tanggal 30 januari 1948 pesawat Star Tiger dalam perjalanannya ke Bermuda dengan 31 penumpangnya,Kapten pesawat (pilot)telah memastikan bahwa mereka akan mendarat secara wajar ditempat yg dituju,namun malangnya hingga kini pesawat itu tak pernah sampai ditujuannya.
Pada musim gugur tahun 1967 jga terjadi lagi,tatkala kapal pesiar Queen Elisabeth I berlayar menuju Nassau,dua orang petugas yg berada di anjungan menyaksikan sebuah pesawat kecil yg secara diam2 dan tiba2 menyambar ke arah mereka,dan kemudian jatuh ke laut,namun seperti yg sudah2 queen elisabeth I yg mencoba mencari pesawat itu tetap tidak menemukan tanda2 apapun
Pada tahun 1940 sebuah kapal perancis rousalie yg melewati daerah ini mesinnya tetap baik,muatan jga tdak diusik,tetapi kapal ini kosong(tidak berawak),dan berakhir dengan raibnya kapal barang besar milik AS,Anita,dengan muatan 20.000 ton,pada tgl 23 maret 1973.sebelum itu ,yakni pada tahun 1972 hilang pula di wilayah tersebut seorang nelayan bernama silattszcky.nasib sama jga dialami oleh kapal belanda,Herminea,yg ditemukan oleh seorang penjaga pantai.herminea berlayar seolah tanpa tujuan di dekat pantai inggris pada tahun 1949.kapal ini ditemukan tanpa layar,yg membuktikan bahwa ia bekas dihantam badai,akan tetapi ketika penjaga pantai tersebut naik kedalam kapal,ternyata tidak menemukan seorang penumpang pun.tampaknya seluruh penumpang telah meninggalkan kapal tersebut,yg aneh adlah bahwa kapal itu masih memiliki pelampungnya yg tersimpan rapi dalam sebuah peti,sebagaimana dgn barang2 lainnya yg masih tersimpan rapi.
seolah tidak pernah terjadi apa2,ataupun tanda2 pernah dihantam badai.
Barangkali yang lebih menarik dari hilangnya kapal2 dan pesawat2 itu adalah justru selamatnya sebuah kapal laut,tetapi sangat jauh menyimpang dari arah tujuannya semula.Mary Silhout nama kapal itu,ditemukan pada bulan desember 1972 sedang mengapung dalam keadaan kosong.penumpangnya terdiri dari seorang pendeta dgn istri dan seorang anaknya.,berikut delapan awak kapal lenyap tanpa bekas.kasus ini dianggap sebagai kasus yg paling banyak menarik perhatian dikarenakan,karena kapal tersebut ditemukan tanpa perlengkapan komunikasi!,dan alat alat penyelamat!.
Yg lebih menakjubkan lagi dari peristiwa peristiwa diatas adalah upaya yg
dilakukan para sarjana dalam memecahkan misteri tersebut dgn mengemukakan berbagai macam teori,interpetasi khayali yg sampai sekarang masih belum menunjukkan hasil, Vincent cadys,seorang spesialis peristiwa2 misterius kelautan dan orang yg pertama kli menggunakan istilah segitiga bermuda,mengatakan bahwa daerah bermuda adalah daerah yg sgt berbahaya bagi pelayaran dan penerbangan yg mengandung medan elektromagnet,pandangan ini menginterpetasikan peristiwa2 yg terjadi di segitiga ini sebagai ulangan dari penampilan kembali peristiwa2 yg dulu pernah terjadi di ilayah tersebut karena adanya lorong waktu (time tannel).artinya di wilayah itu terdapat satu radius yg bisa mengulang ulang peristiwa yg terjadi di masa lalu,atau di segitiga ini ada satu tempat yg bila dilalui akan terjadi peralihan tempat dan waktu.dgn kata lain pesawat2,kapal2,beserta penumpangnya,masih tetap hidup,tetapi berada di tempat dan waktu yg lain.
Lembaga meteorologi dan geofisika AS mengorbitkan satelit buatan guna menyingkap misteri segitiga bermuda dan memantau tempat2 tertentu di muaka bumi.akan tetapi,sekali waktu,tiba2 dan dengan sangat mngejutkan pesan2 dan suara suara yg ditangkapnya saat melewati wilayah bermuda terputus begitu saja.Professor Wyne Mitchgeon yg menangani kasus ini menyimpulkan bahwa “kita sedang berbicara tentang suatu kekuatan yg sangat besar dan tanpa batas,dan kita tidak tahu sedikitpun tentang itu”!!!
Apakah hubungan SEGITIGA BERMUDA DENGAN keberadaan UFO?
Paruh kedua abad 20, polemik tentang piring terbang mencuat. Fenomena tersebut terlihat sangat meyakinkan. Ratusan bahkan ribuan orang pernah menyaksikannya di berbagai tempat berbeda di belahan bumi ini, dengan atau tanpa kesadaran. Bahkan ada komunitas yang menganggap itu bukan sekadar mitos. Kelompok Islam konservatif sebagian menganggap bahwa piring terbang adalah kendaraan pasukan Dajjal yang akan menghancurkan sendi-sendi kehidupan manusia di zaman akhir. Dalam Dajjal dan Kemisteriusan Segitiga Bermuda, Muhammad Isa Daud menghubungkan fenomena piring terbang dengan kemisteriusan Segitiga Bermuda. Segitiga Bermuda dikatakan sebagai markas besar pasukan Dajjal, tempat mereka menambatkan piring terbang mereka. Setiap ada benda asing yang melewati kawasan tersebut, misalnya kapal, pesawat terbang, bahkan rudal, akan ditangkap tentara Dajjal dan hilang ditelan laut. Faktanya memang telah banyak kapal yang karam, pesawat yang jatuh, dan rudal hilang, ketika melewati kawasan Segitiga Bermuda. Dan hal itu diklaim sebagai bukti kebenaran pendapatnya.
Usulan yang sangat bertolak belakang diungkapkan kelompok rasional. Kelompok ini menganggap piring terbang itu tidak benar-benar ada. Fenomena itu hanyalah halusinasi, demikian kata mereka, yakni ilusi-ilusi bawah sadar para pengamat. Bisa jadi apa yang dilihat, dipotret, direkam, dan yang didokumentasikan dengan cara apapun, hanya objek-objek mirip piring terbang. Misalnya balon udara yang berisi satelit pengintai milik badan inteligen, partikel-partikel udara yang memusar, dan sebagainya. Mereka bersikukuh tak mau percaya begitu saja terhadap fenomena tersebut, sebelum mereka betul-betul bisa menjelaskannya. Jadi, tradisi mitos masih dipertahankan.
Salah satu pendapat yang paling populer bahwa piring terbang adalah kendaraan makhluk luar angkasa, yang disebut alien. Alien-alien berasal dari peradaban lain di luar bumi, yang diyakini memiliki penguasaan teknologi yang jauh melampaui penguasaan teknologi manusia. Dan salah satu teknologi yang membuat katrok manusia adalah piring terbang.
Sekarang coba bayangkan alam dengan segala keluasannya! Alam adalah objek sains yang sangat kompleks. Struktur dan keluasannya yang sungguh luar biasa membuat manusia yang bertempat di sebuah planet kecil di pedalaman semesta beranggapan bahwa alam ini hanyalah sebatas yang kita tempati dan yang kita lihat di langit. Kalaupun ada benda-benda lain di luar angkasa, mereka semua berpusat pada bumi kita. Anggapan ini lahir pada saat-saat awal bangkitnya peradaban ilmiah. Oleh Aristoteles, hipotesis tersebut dianggap fakta sebelum mereka benar-benar membuktikannya. Pandangan yang menganggap bumi sebagai pusat semesta selanjutnya disebut Geosentrisme. Dengan pengukuhan institusi gereja, teori ini dapat bertahan hingga ribuan tahun selanjutnya.
Bahkan UFO pernah tertangkap di GOOGLE MAPS…
Alien yang diperkirakan pernah ada di bumi…
BENARKAH SEGITIGA BERMUDA MERUPAKAN TEMPAT UFO DAN ALIEN BERSEMAYAM? BAGI AGAN2 YANG MEMPUNYAI INFORMASI LEBIH BISA DITAMBAHKAN…teka teki dari Sherlock Holmes yang belum terpecahkan
ane dapet dari temen ane gan…
ane udah coba tapi kok ga berhasil yah… ane yg salah terus ngitungny atau memang soalny yg salah sih gan…
dibantu dong gan!
http://imankurniadi.files.wordpress.com/2010/01/sherlock-holmes-poster.jpg?w=614
Sherlock Holmes punya masalah nih.. ada sebuah brankas bekas peninggalan neneknya ditemukan digudang bawah rumah. Pada brankas itu terdapat 5 digit kombinasi beserta ukiran kode petunjuk membuka brankas tersebut :
1. Angka ke lima di tambah angka ke tiga sama dengan empat belas
2. Angka ke empat lebih besar satu angka dari angka ke dua
3. Angka pertama lebih kecil satu angka dari dua kali angka ke dua
4. Angka ke dua di tambah angka ke tiga sama dengan sepuluh
5. Jumlah keseluruhan angka tersebut sama dengan tiga puluh
Adakah yang bisa membantu Sherlock Holmes mendapatkan kombinasi kelima angka tersebut
Misteri Terbesar Di Dunia Yang Belum Terpecahkan

1. PENCIPTAAN MANUSIA :
Dari manakah manusia berasal? Jika menilik dari Injil dan Kitab Suci, memang sangat jelas dikatakan bahwa Tuhanlah pencipta manusia (Kitab Kejadian Pasal 1). Tapi bagaimana proses penciptaan itu sebenarnya?
Charles Darwin pernah menawarkan teori bahwa manusia adalah hasil evolusi dari kera. Jika demikian halnya, maka “seharusnya” manusia akan terus berevolusi menjadi mahluk yang lebih baik. Namun faktanya, sudah lebih dari 2000 tahun, tidak ada perubahan pada manusia. Apakah itu berarti evolusi berhenti?
Teori lain mengatakan bahwa manusia berasal dari Mahluk ruang Angkasa. Jika demikian, maka pertanyaan menjadi : dari mana mahluk itu berasal?
Spoiler for GAMBAR MANUSIA:



2. JALAN BIMINI : 
Para diver (penyelam) yang tentu pernah melihat sebentuk jalan setapak di bawah laut utara Pulau Bimini di Kepulauan Bahama. Banyak orang berpendapat jalan setapak itu dibuat oleh alam. Namun penataan batu jalan itu menimbulkan pertanyaan lanjutan karena terlalu “rapi”. Beberapa ahli menduga jalan itu adalah bagian dari Kota Atlantis (seperti yang ditulis oleh Plato beberapa abad silam). Tapi hingga hari ini belum ada bukti tambahan mengenai keberadaan “kota yang hilang” itu. Dan Jalan Bimini masih menjadi pertanyaan : apakah jalan itu dibuat alam atau manusia? Siapa pembuatnya?
Spoiler for BIMINI:
3. BOLA CAHAYA MARFA :
Disebut juga “Bola Cahaya Hantu”. Pertama kali terlihat tahun 1880 di sebelah barat kota Marfa, Texas. Cahaya itu dideskripsikan sebesar bola basket, melayang dengan ketinggian pundak manusia. Biasanya berwarna putih, kuning, orange, merah, dan kadang-kadang biru atau hijau. Bola-bola itu biasa terbang mengelilingi daerah tertentu, kemudian menghilang dengan sendirinya. Hingga hari ini, cahaya itu masih sering tampak. Tidak ada penjelasan, apa sebenarnya cahaya-cahaya itu.\
Spoiler for CAHAYA:
5. MOTHMAN :
Spoiler for MOTHMAN:

Mothman adalah salah satu urban legend yang cukup terkenal di daerah Virginia. Mothman digambarkan adalah mahluk bersayap dan setinggi manusia, bermata merah, kadang muncul tanpa kepala dan mata merahnya ada di dada. Pertama kali ditemukan di daerah perkuburan di Virginia tahun 1926. Hingga hari ini, polisi masih menerima laporan mengenai kemunculan Mothman. Siapa dia? Tidak seorang pun yang tahu. Secara umum, tidak pernah ada laporan ada orang yang diserang Mothman.
6. ZODIAC KILLER :
Salah satu pembunuh paling cerdas yang tidak pernah tertangkap hingga hari ini adalah Zodiac Killer. Tahun 1960, Zodiac Killer melakukan usaha pembunuhan terhadap 7 orang di California Utara. Lima korbannya meninggal, dan dua terluka parah. Awalnya, polisi kesulitan mencari jati diri pembunuh. Sebulan setelah pembunuhan pertama, sang pembunuh mengirimkan surat kepada polisi dan mengklaim dirinya bernama Zodiac Killer, serta menantang polisi untuk menangkapnya.
Setelah aksi pembunuhan ke-7, Zodiac Killer tiba-tiba lenyap. Apakah dia telah terbunuh? Dan siapa dia sebenarnya? Tidak ada orang yang bisa menjelaskan.
Spoiler for KILLER:
7. OGOPOGO :
Jika mahluk Danau Loch Ness bernama Nessy sudah terbukti adalah palsu, maka lain halnya dengan Ogopogo. Mahluk yang mirip dengan Nessy (berleher panjang, bertubuh besar, dan berkepala seperti kadal) ini adalah mahluk misterius yang muncul di Sungai Okanagan, Canada. Banyak saksi yang berhasil merekam foto mahluk ini. Namun tidak seorang pun yang berhasil menangkapnya. Mahluk yang juga dikenal dengan nama Naitaka ini kini menjadi maskot Taman Keilowa, Canada. Apakah Ogopogo benar-benar ada? Benarkah dia adalah reptil purbakala yang masih hidup? Tidak ada bukti kongkret yang bisa menjelaskan keberadaannya hingga hari ini.
Spoiler for OGOPOGO:
8. SHAG HARBOUR INCIDENT :
Adalah sebuah insiden ledakan misterius yang terjadi di Pelabuhan Shag, Nova Scotia, tanggal 4 Oktober 1967. Sebuah benda menghantam Pelabuhan Shag pukul 11.20 malam, menimbulkan ledakan hebat. Tidak ada korban jiwa. Para saksi melihat benda itu seperti “piring terbang”. Tidak lama kemudian, tempat itu segera ditutup. Pihak militer Canada segera berdatangan. Dalam waktu sekejap, tempat itu dibersihkan dan puing2 segera diangkut. Insiden itu terkesan sangat ditutup-tutupi. Apa sebenarnya yang terjadi? Benarkah piring terbang yang jatuh? Pemerintah Canada tidak pernah mengeluarkan statement apapun mengenai hal ini. Dan hingga hari ini, misteri ini tidak pernah diungkapkan.
Spoiler for GAMBAR:
Bagi yang belum pernah nonton Super Deal 2 Milyar, acara ini disiarkan oleh ANTV tiap jam 19.00 atau 19.30 setiap hari. Acara yang dipandu Aditya Herpavi ini menghadirkan 15* tim, yang masing-masing terdiri dari 10 orang (1 ketua dan 9 anggota). Setiap tim harus bisa tampil beda dan atraktif.
Tulisan ini hanyalah opini pribadi. Hanya berdasarkan asumsi tanpa bermaksud menyudutkan pihak tertentu.
Proses panjang dibutuhkan untuk bisa menuju roda 2 Milyar. Seorang peserta harus melewati beberapa fase berikut:
1. Pendaftaran-Seleksi tim & peserta
2. Terpilih oleh Aditya Herpavi saat Show
3. Lomba dengan peserta lain
4. Trading
5. Roda 2 Milyar
Proses detail dari fase ku jelaskan sebagai berikut:
1. Pendaftaran
Bisa langsung cek ke website resmi Superdeal 
Saya kurang paham Proses 1 (Pendaftaran) karena selama ini belum pernah mendaftar dan tidak berminat mendaftar. Ada thread lain di Kaskus yang testimoni soal pendaftaran.

2. Terpilih oleh Aditya

Proses pemilihan peserta cukup unik dan random. Tampang keren atau jelek tidak berpengaruh. Kostum unik akan lebih menarik perhatian dan memperbesar kemungkinan terpilih. Teriak-teriak atau yel-yel dengan lantang dan semangat juga meningkatkan kemungkinan terpilh. Namun keputusan ada di dua orang, produser yang membisiki Aditya untuk memilih siapa dan Aditya sendiri. Jika salah satu peserta dari tim sudah pernah terpilih maka peserta di tim yang sama tidak akan mendapatkan kesempatan lagi.
3. Lomba dengan peserta lain
Lomba model tujuh belasan atau lomba untung-untungan akan membuat anda melaju ke tahap berikutnya. Di sini modal yang dibutuhkan hanya keberuntungan dan semangat untuk menang. Di beberapa sesi, tahap 3 dilewatkan oleh Aditya. Sesi yang tidak memerlukan lomba, tidak akan mendapatkan hadiah tipe besar seperti mobil.
4. Trading
Di sini adalah lomba untuk mendapatkan hadiah. Peserta ditugaskan untuk memilih sebuah hadiah. Saya membagi tipe hadiah menjadi 4 kategori:
a. Hadiah Besar, bernilai di atas 20 juta
b. Hadiah Menengah, bernilai antara 10-20 juta
c. Hadiah Kecil, bernilai di bawah 10 juta
d. Zonk, tak mempunya nilai
Jenis hadiah pun macam-macam, mulai dari mobil, motor, uang, perlengkapan elektronik, furniture, liburan hingga uang tunai.
Lokasi hadiah ada 4 jenis:
a. Tirai, mulai dari Tirai 1 sampai 3
b. Kotak
c. Amplop/Saku/Tas/Kantong/Bingkai/Bunga
d. Tunai
- Tirai adalah lokasi yang paling tidak aman sebagai hadiah. Kenapa? karena asumsi saya, pihak produser memiliki sistem dimana mereka bisa merubah tipe hadiah. Cek gambar di spoiler. Dibelakang tirai terdapat poros yang berisi 4 ruang. (bisa jadi hanya 2/3 ruang dalam setiap poros). Produser menempatkan tipe hadiah berbeda dalam setiap ruang dengan posisi awal poros di isi kategori 3 jenis tipe hadiah yang berbeda pula.
Spoiler for Di belakang Tirai:
Di belakang Tirai
Produser bisa mengganti tipe hadiah dengan memutar poros dibelakang tirai, lalu mendorong hadiah ke dalam tirai. Proses memutar dan mendorong hadiah harus bisa dilakukan dalam waktu 10 detik. Jika proses membutuhkan waktu lebih lama, Aditya bisa memperlambat tempo dengan mengalihkan peserta melalui penawaran uang tunai. Penawaran uang tunai dimulai dengan harga paling rendah agar proses pemutaran dan pendorongan bisa lebih lama.
- Kotak biasanya berisi hadiah fisik (alat elektronik). Kemungkinan mendapatkan hadiah Menengah dan Kecil lebih besar bisa didapatkan di sini. Hadiah besar dan Zonk juga bisa didapat. Bisa juga produser mencari aman dengan menempatkan tulisan Tirai di dalam kotak.
- Amplop/Saku/Tas/Kantong/Bingkai/Bunga biasanya berisi tulisan. Yang biasa tertera adalah uang tunai dan Tirai. Kemungkinan Zonk pun tetap ada. Ada kecurigaan, di sebuah amplop terdapat dua tulisan, tergantung bagaimana Aditya/model mengambil tulisan yang mana.
- Tunai, biasa diberikan saat penawaran hadiah. Tujuannya untuk memperlambat dan menggoyahkan psikologi peserta. Jumlah uang tunai selalu dibawah 10 juta. Jika penawaran sudah mencapai 10 juta dan belum ada peserta lain yang mendapat hadiah menengah, maka ambil saja uang tersebut.
TIPS:
- Jika anda menjadi peserta, hadiah mana yang akan anda incar? tentu jawabannya hadiah besar. Tetapi produser tentu tak akan (pernah) memberikan hadiah besar. Anda cukup mengincar hadiah Menengah, karena dengan hadiah menengah ini anda sudah bisa melaju ke tahap terakhir. Hadiah menengah umumnya ada di kotak. Jadi jika anda mendapatkan penawaran kotak, tetaplah dengan pilihan anda.
- Jumlah Zonk adalah sama dengan jumlah Hadiah Besar. Produser akan berusaha menghadirkan dua zonk jika mereka terdesak. Berhati-hatilah.
- Jika dalam proses trading awal, Aditya tidak memberikan tirai dan anda sudah fix dengan satu pilihan, kemudian dia menawarkan tirai, maka tetaplah dengan pilihan awal anda. Karena tirai hanya jebakan.
- ikuti kata hati, langsung tolak jika ada penawaran tunai agar produser tidak berlama-lama mengganti hadiah. Jika penawaran sudah sangat lama, maka ambilah uang tunai, karena pilihan anda tipe hadiahnya sudah berubah.
- Ingat, untuk bisa melewati tahap ini, anda harus memiliki hadiah terbesar di antara peserta lain. Jika anda peserta pertama yang trading, usahakan mengejar hadiah tipe menengah. Jika peserta lain banyak yang dapat zonk, maka anda cukup mendapatkan hadiah kecil.
- Setiap tim pasti memiliki aturan tersendiri. Misal hadiah harus dibagi 10, setiap keputusan harus hasil keputusan bersama, ambil tunai/tidak. Pastikan anda mengikuti hati nurani anda. Karena anda yang tahu tips ini.
5. Roda 2 Milyar
Di roda ini terdapat berbagai macam hadiah. Mulai dari hadiah 5 juta hingga 2 milyar. Saya perkirakan jumlah baris dalam roda ada sedikitnya 20 baris dengan komposisi 5 juta menempati posisi paling banyak. Perkiraan baris menurut saya:
a. 10 baris 5 juta
c. 7 baris 10 juta
e. 1 baris 15 juta
f. 1 baris Tirai
g. 1 baris 2 Milyar (berganti menjadi 50 juta di putaran kedua apabila tidak terpilih di putaran pertama)
Untuk mendapatkan 2 Milyar, anda harus mendapatkan tulisan 2 Milyar dalam 2 kali putaran berturut-turut. Secara probabiltas, kemungkinan anda untuk berhasil adalah 1 banding 400. Ini berarti dalam 1 tahun, belum tentu ada yang mendapatkan 2 Milyar. Di tambah lagi ada sebuah trik (asumsi saya) yang dimasukkan ke roda putaran ini. Setiap tulisan terlihat seperti sama beratnya. Namun ada kemungkinan satu buah baris yang memiliki berat berbeda.
Spoiler for Roda 2 Milyar:
Roda 2 Milyar

Asumsi ilustrasi ini berdasarkan tiga hal:
1. Saat roda awal belum berputar, roda menunjukkan 2 milyar dengan posisi jarum berada di pin terbawah baris, seakan-akan menahan baris tidak berpindah
2. Pergerakan roda tidak konstan saat melewati baris 2 milyar. Seharusnya kecepatan roda konstan melambat, namun saat melewati baris 2 milyar menjadi sedikit lebih cepat
3. Ketika pergantian tulisan 2 Milyar menjadi 50 juta, salah satu antara Aditya atau model harus memegang roda
Berat yang berbeda ini akan otomatis menimbulkan kecepatan putaran yang tidak sama pada baris 2 Milyar. Coba perhatikan di layar kaca! Saat jarum perlahan mendekati 2 milyar, roda berputar sedikit lebih cepat. Dengan demikian, kemungkinan untuk mendapatkan dua milyar tidak lagi 1:400, tetapi bisa jadi 1:10000 alias 0.01% alias 1 dalam 30 tahun. (cuma perkiraan gan. Karena ketidakseimbangan berat roda, maka sangat sulit untuk menentukan probabilitas)
Jadi jika anda sudah mendapatkan hadiah yang menengah (10-20 juta) di Trading. Maka berkatalah cukup. Karena kemungkinan anda untuk mendapatkan 15 juta pun hanya 5%, 50 juta hanya 1%, 10 juta 35%, dan kemungkinan terbesar anda mendapatkan 5 juta sebesar 50%.
Note: Setelah berkali-kali memperhatikan roda 2 milyar, ane lihat selalu terjadi perubahan nominal hadiah, ini terkait dengan hadiah-hadiah yang sudah didapat peserta pada babak trading. Pada awal analisis, ane masukan nilai 2 juta, tetapi ternyata ga muncul lagi di episode lain. Hadiah 15juta atau 20 juta di roda pun kadang muncul dan kadang tidak. Ini terserah produser. Yang jelas kemungkinan untuk mendapatkan hadiah lebih dari 10 juta sangat kecil
.20 foto dramatis yang ikut mengubah dunia
Spoiler for 1.Eksekusi Gerilyawan Vietkong (1968):

foto ini mengubah opini masyarakat Amerika terhadap Perang Vietnam, memicu gerakan anti perang dan menginspirasi lahirnya generasi bunga di Amerika waktu itu. foto ini membuatnya menjadi ikon kekejaman dan ejekan serta penolakan selalu menyertainya kemanapun dia pergi sampai akhir hayatnya.
Spoiler for 2.Jenderal Soedirman Dalam Tandu (1948):

Pak Dirman adalah Jenderal pertama dan termuda yang dimiliki Indonesia, foto ini seharusnya terus menjadi pengingat “dunia Indonesia” akan begitu banyak nilai baik, prinsip dan keteguhan yang mulai luntur dimana-mana.
Spoiler for 3.Wanting A Meal (1993):

Foto ini selalu mengingatkan akan tragedi kemanusiaan di Afrika dan tragedi dalam dunia fotografi itu sendiri, keduanya memang tidak bisa dipisahkan.
Spoiler for 4.Pendaratan Normandia (1944):
Spoiler for 5.Lynching (1930):

10.000 masa kulit putih nekad mengamuk dan menggelandang dua pemuda kulit hitam dari penjara, serta menghukum mereka dengan hukuman gantung tanpa keputusan hakim. Foto pengadilan masal seperti ini dulu sering dibuat menjadi postcard untuk menunjukkan supremasi kulit putih. Wajah mayat yang digantung berbanding kontras dengan kepuasan yang diperlihatkan warga, sebuah monumen kekejaman dan sikap barbarian
Spoiler for 6.Earthrise (1968):

Foto ini mengingatkan banyak orang akan ringkihnya eksistensi manusia dan kecilnya planet dibandingkan alam raya.
Spoiler for 7.Tragedi Tiananmen 1989:

Demonstrasi sekitar 3000 mahasiswa di Beijing berubah menjadi demosntrasi masal jutaan rakyat Cina
Spoiler for 8.Foto Manusia Dengan Sinar Rontgen Pertama (1896):

foto sinar X yang pertama. Sebelum itu, dokter tak pernah bisa melihat bagian dalam tubuh manusia kecuali membedahnya.
Spoiler for 9.Loch Ness (1934):

Legenda monster Lochness di Skotlandia sebenarnya sudah berhembus sejak abad ke 1, namun tidak sebelum foto diatas dicetak dan tersebar. Foto ini bertanggungjawab atas puluhan tahun spekulasi, milyaran dolar uang dari kantong wisatawan yang datang dari seluruh dunia serta eksplorasi bawah air yang mahal dan menghabiskan tenaga. Semua gara-gara foto palsu ini. Foto ini mungkin sekali adalah foto rekayasa pertama kali didunia, selain itu menandaskan kembali pernyatan “kamera tidak pernah berbohong…manusialah yang berbohong…”
Spoiler for 10.Kent State 1970:

Foto ini menangkap momen penting dimana prajurit amerika sudah menewaskan anak amerika.
Spoiler for 11.Biafra 1969:

Ketika Igbos di Nigeria timur mendeklarasikan kemerdekaannya pada 1967,Nigeria memblokade negara yang berpengalaman,yaitu Biafra.pada tiga tahun perang,lebih dari satu juta orang tewas,terutama karena kelaparan. pada masa kelaparan ini,anak-anak yang kurang protein banyak yang menderita penyakit kwarsiorkor,yang menyebabkan ototnya lemah dan perutnya melilit.kejadian tersebut menarik perhatian fotografer perang Don McCullin.”saya tercurahkan oleh pandangan mata saya terhadap 900 anak-anak yang tinggal di satu di kamp dipusat titikkematian”katanya.”saya kehilangan seluruh minat untuk memotret para prajurit saat beraksi”.komunitas dunia memberikan intervensi guna membantu Biafra,dan belajar.pelajaran utama seputar keterkaitan kelaparan masif yang diakibatkan oleh masalah perang yang masih menghadapi persoalan yang sederhana.
Spoiler for 12.Kebakaran perusahaan Triangle Shirtwaist 1911:

Perusahaan triangle shirtwaist selalu memelihara pintunya tetap terkunci guna menjamin bahwa perempuan imigran muda tetap tinggal bersama mesin mereka dan tidak mencuri segala sesuatu.ketika kebakaran muncul dihari sabtu,25 maret 1911,di lantai delapan di pabrik New york city,kunci menetukan nasib para pekerja.Hanya dalam 30 menit,146 orang tewas.Saksi berpikir pemilik bertaruh dengan caranya keluar jendela menyelamatkannya,kemudian membantu para pekerja melompat,namun hal itu tidak terjadi.bencana triangle ini membawa perang nasional terhadap keselamatan di tempat kerja.
Spoiler for 13.Nagasaki 1945:

ini bukanlah gambar awan jamur yang pernah terlihat,namun ini sebenarnya gambar atas kekuasaan yang tidak terbatas.pada tanggal 6 agustus bom atom pertama menewaskan kira-kira 80.000 orang dikota Hiroshima di jepang.
Spoiler for 14.South of the DMZ 1966:

foto berwarna penduduk desa vietnam yang disiksa dan orang amerika yang terluka di mana Larry Burrows mengambilnya dan LIFE menerbitkannya bermula pada tahun 1962,secara pasti membentengi tangisan terhadap keberadaan amerika di vietnam.”burrows menjadi fotografer penting pertama yang melakukannya sepanjang perang secara berwarna.
Spoiler for 15.Kematian dipantai 1943:

Ketika LIFE memunculkan foto mengerikan dan kejam sekali di sebuah pantai di papua Nugini pada 20 september 1943,majalah ini langsung menimbulkan banyak pertanyaan,
LIFE sebenarnya menerbitkan atas kebijakan pemerintah,presiden Franklik D. Roosevelt,diyakinkan bahwa orang amerika tumbuh dan berkembang terlalu puas dengan perang,hingga dia mengangkat pelarangan gambar yang menyatakan kasus-kasus amerika serikat.Gambar strock dan lainnya yang menyertai ada di LIFE dan dimanapun punya pengaruh.Publik yang dikejutkan atas realitas serangan,dimasukkan dengan resolusi untuk memenangkan perang yang lebih besar.
Spoiler for 16.Birmingham 1963:

Selama bertahun-tahun,birmingham di Alabama dipertimbangkan menjadi “kota paling tangguh dibagian selatan” yaitu tempat populasi kulit hitam yang besar dan kelas kulit putih yang dominan yang sering bertemu,membuka kerentanan.Gambar orang-orang ini terdorong oleh aliran tumpah ruah perjalanan mendukung kulit hitam.
Spoiler for 17.Perang Crimean 1855:

Jadi perang menjadi konflik pertama dengan semua rekaman foto yang substansial.Pertarungan kolera dan rusuk yang patah,menyelimuti laboratorium.dengan kereta kudanya fenton menghasilkan 350 gambar,fenton pun dinobatkan sebagai fotografer perang,karena bukan saja sponsor fenton yang menginginkan melihat pembantaian atas semua bukti perang yang sedang berlangsung,tetapi juga Ratu.
Spoiler for 18.Breaker boys 1910:

Apa yang Charles dickens kerjakan dengan kata-kata untuk menggambarkan london,Lewis Hine mengerjakan dengan foto atas laboran muda di AS pada 1908,Komite buruh anak Nasional sudah berkampanya menempatkan dua juta pekerja muda kembali ke sekolah ketika kelompok mengangkat Hine.Orang asli wisconsin berkelana separuh negara,menangkap gambar anak-anak yang sedang bekerja di pertambangan,perkebunan dan di jalan-jalan.Di sini dia memotret “breaker boys” yang pekerjaannya memisahkan batu bara dari slate,di south pittson,panderosa.suatu ketika gambar terarah ke publik dengan cara yang dingin dan negara memberlakukak hukum pelarangan buruh anak.
Spoiler for 19.Penerbangan 1903:

pada 17 desember 1903, dua mekanik sepeda dari ohio menunjukkan salah satu dari impian paling liar dari manusia.selama 12 detik mereka bisa terbang bebas.sebelum siang berakhir,orville dan willbur wright bisa menjaga pesawat dari kain kabel dan kayu selama 59 detik. Dalam 15 tahun momen penting ini,hampir seluruh elemen pesawat modern sudah dibayangkan,meski belum dikembangkan.
Spoiler for 20.promontory point 1869:

Upacara mulai pada 10 mei 1869 sebagai lokomotif central pacific di timur dan lokomotif union pacific di sisi barat bertemu di promontory point,utah menandai selesainya jalur kereta api tran kontinental pertama.Jadi,pekerjaan yang menakjubkan.tetapi ini juga merupakan contoh awal sebuah foto,pemanfaatan sebuah gambar sebagai alat hingga akhir

.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar